Sabtu, 25 Februari 2017

LKPD CAHAYA


Lembar Kegiatan Peserta Didik(LKPD)
Diajukan untuk memenuhi UAs mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Fisika
Dosen Pengampu :
Ade Yeti s.Pd, M.M.Pd, M. si


Oleh :
Shifa Syafira Violita
1142070070

JURUSAN MIPA PRODI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016



Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
2x45 menit
Mendeskripsikan Sifat-sifat Cahaya

Kelompok :
Nama         :
Nama Partner :

Petunjuk Pengerjaan
§  Berdoalah sebelum mengerjakan LKPD!
§  Isilah identitas yang terdapat pada kolom di atas!
§  Fahamilah setiap perintah jalannya kegiatan eksperimen!
§  Sebelum melakukan eksperimen, perhatikan kelengkapan dan keberfungsian alat darn bahan  yang akan digunakan!
§  Untuk mempermudah jalannya eksperimen, sebaiknya tugas di bagi-bagi dengan partner kelompok
§  Setelah melakukan kegiatan eksperimen dan mendapat data, analisislah bersama partner kelompok!
§  Buatlah kesimpulan akhir dan presentasikan di depan kelas untuk di diskusikan bersama kelompok yang lain!


Sifat-sifat Cahaya
Kompetensi Dasar
3.11 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan, serta aplikasinya untuk menjelaskan penglihatan manusia, proses pembentukan bayangan pada mata serangga, dan prinsip kerja alat optik.
Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan eksperimen ini, di harapkan peserta didik mampu mendeskripsikan sifat-sifat cahaya

I. Fahami
Fisikawan Gemar Membaca!
            Cahaya mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi kehidupan. Sifat-sifat cahaya d antaranya:
            Cahaya Merambat Lurus
Maksud dari cahaya dapat merambat lurus yakni  cahaya dapat merambat ke semua arah.
 Cahaya Dapat Menembus Benda Bening
            Cahaya akan dibiaskan ketika melalui medium dengan kerapatan yang berbeda.
Kecepatan cahaya akan menurun saat memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek pembiasan yang terjadi. Namun, pembiasan tidak akan terjadi saat benda dicelupkan dalam posisi tegak lurus
Bayangan adalah daerah gelap yang terbentuk akibat cahaya tidak dapat menembus suatu benda. Bayangan dibedakan menjadi dua, yakni bayangan nyata dan bayangan maya. Bayangan maya (semu) adalah bayangan yang dapat dilihat mata, tapi tidak dapat ditangkap pada layar, sedangkan bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap layar.
      Berdasarkan dapat atau tidaknya di tembus cahaya, benda-benda digolongkan menjadi 3:
a.       Opaque atau benda tidak tembus cahaya, Adalah benda gelap yang tidak dapat ditembus oleh cahaya sama sekali. Opaque memantulkan semua cahaya yang mengenainya. Benda semacam ini contohnya adalah buku, kayu, tembok, dan air keruh.
b.      Benda Bening, yakni benda-benda yang dapat ditembus cahaya. Benda bening juga sering disebut benda transparant. Benda transparant meneruskan semua cahaya yang mengenainya. Contohnya kaca yang bening dan air jernih
c.       Benda Transluent adalah benda-benda yang dapat meneruskan sebagian cahaya yang datang dan menyebarkan sebagian cahaya yang lainnya. Contohnya kain gorden tipis, dan beberapa jenis plastik.

      Cahaya dapat dipantulkan
            Pemantulan (refleksi) atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan teratur terjadi pada benda yang permukaannya rata dan mengkilap/licin. Pada benda semacam ini, cahaya dipantulkan dengan arah yang sejajar, sehingga dapat membentuk bayangan benda dengan sangat baik. Pada benda yang permukaannya tidak rata, cahaya yang datang dipantulkan dengan arah yang tidak beraturan. Pemantulan semacam ini disebut pemantulan baur, atau pemantulan difus.
II. Tes pengetahuan awal Peserta Didik
Kita amati yuk apa yang terjadi dengan cahaya pada gambar berikut!
(1)                                        (2)                                                 (3)
  
Keterangan :
Gambar 1. Berkas cahaya yang terpancar dari dinding bambu
Gambar 2. Berkas cahaya yang dipantukan oleh cermin
Gambar 3. Berkas cahaya yang menembus air dalam gelas bening
Dari gambar-gambar tersebut, bagaimana menurut hasil pengamatan kalian? coba buat beberapa pertanyaan!
Pertanyaan yang di ajukan peserta didik
Pertanyaan
1.
2.
3.
MARI BEREKSPERIMEN!!
i. Bahan yang digunakan
Bahan
lilin putih
korek
pipa
karton berlubang
lampu sorot/senter
cermin
gelas bening
air putih
batu berukuran sedang

ii. Kegiatan yang berlangsung
            Tujuan
Melalui percobaan ini, peserta didik diharapkan dapat mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
·         Percobaan pertama
prosedur Percobaan
§  Siapkan bahan yang di perlulan! (karton berlubang, pip, lilin,korek)
§  Buat lilin menyala dan simpan di atas meja dan lihatlah api pada lilin melalui dua lubang karton, amatilah!
§  apabila satu lubang digeser menjadi tidak lurus, apa yang mungkin terjadi pada api lilin?
§  Bagaimana jika kita lihat api pada lilin menggunakan pipa?
·         Percobaan kedua
            prosedur percobaan
§  Siapkan bahan ( lampu sorot/senter, cermin)
§  Simpanlah cermin datar di depanmu!
§  Sorotkan cahaya pada lampu sorot tepat berlawanan arah denganmu, amatilah!
·         Percobaan ketiga
            Prosedur percobaan
§  siapkan bahan(gelas bening, air, lampu sorot/ senter, batu)
§  isigelas bening dengan air putih secukupnya (3/4gelas)
§  sorotkan cahaya laser pada gelas tersebut, lalu amatilah!
§  Siapkan satu buah batu berukuran agak besar!
§  Sorotkan cahaya lampu pada batu, lalu amatilah!
Apakah ada perbedaan pada hasil pengamatan dengan menggunakan air dan batu? Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?
Dari percobaan-percobaan tadi, tulislah hasil pengamatanmu pada tabel pengamatan di bawah ini !
                                                            Tabel Pengamatan
Percobaan ke-
Sifat cahaya yang di dapat







iii. Mari bernalar dan lakukan komunikasi dengan teman kelompok, teman kelas dan gurumu!
Dari percobaan tentang mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang telah di lakukan, dapat diketahui bahwa cahaya memiliki sifat-sifat seperti....
III. Penilaian
A.    Penilaian Diri (di isi oleh peserta didik)
No
Aspek Penilaian
Skor
Ya
Tidak
1.
Saya mampu mendeskripsikan sifat cahaya yang diamati.


2.
Saya mampu mengajukan pertanyaan terkait sifat-sifat cahaya


3.
Saya mampu menyiapkan bahan.


4.
Saya mampu melakukan jalannya kegiatan percobaan yang di lakukan


5.
Saya mampu mengidentifikasi sifat-sifat cahaya berdasarkan hasil percobaan


6.
Saya mendiskusikan simpulan hasil percobaan bersama partner kelompok.






Curved Up Ribbon: Peserta didik termasuk kategori
baik, jika terdapat 5 - 6 jawaban ya
cukup, jika terdapat 3 - 4 jawaban ya
kurang, jika terdapat 1 – 2 jawaban ya

Jumlah skor = (1-6)






B. Lembar Observasi (di nilai oleh guru)
No
Aspek Penilaian
Skor
1
2
3
1.
Kemampuan mendeskripsikan sifat cahaya yang diamati.



2.
Kemampuan mengajukan pertanyaan terkait sifat-sifat cahaya



3.
Kemampuan menyiapkan alat dan bahan.



4.
Kemampuan melakukan jalannya percobaan.



5.
Kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat cahaya berdasarkan percobaan yang di lakukan



6.
Kemampuan mendiskusikan simpulan hasil percobaan bersama teman kelompok.










Curved Up Ribbon: Peserta didik memperoleh nilai :
Kategori baik, jika nilai diantara
 2,33-3,00.
Kategori cukup, jika nilai diantara 1,67-2,32.
Kategori kurang, jika nilai diantara 1,00-1,66.
 








            Simpulan:
Kemampuan peserta didik dalam mendeskrispsikan sifat-sifat cahaya yang di amati, mengajukan pertanyaan, menyiapkan alat dan bahan, melakukan jalannya percobaan, mengidentifikasi sifat-sifat cahaya berdasarkan percobaan yang di lakukan termasuk pada kategori………
 Evaluasi Pengetahuan Peserta Didik setelah Melakukan Percobaan
·         Pada percobaan pertama
1.      saat lubang kedua karton sejajar, maka api
pada lilin………………………………………………………………
2.      saat  kedua lubang karton tidak sejajar, maka………………………………………………………....
3.      Maka api pada lilin…………………………………………………………………
4.      saat api pada lilin dilihat dengan pipa, maka api pada lilin…………………………………………………………………………….……...
5.      Maka simpulanya cahaya bersifat………………………………………………………………………………...
·         Pada percobaan kedua
1.      Saat cahaya pada lampu di sorotkan pada cermin, maka cahaya……………………………………………………………
2.      Maka simpulannya cahaya bersifat……………………….……..
·         Pada percobaan ketiga
1.      Ketika cahaya pada lampu senter di arahkan pada gelas yang diisi air, maka cahaya……………………………………………………………..
2.      Ketika cahaya pada lampu senter di arahkan pada batu, maka cahaya……………………………………………………….
3.      Adakah perbedaan anatara hasil pengamatan pada percobaan dengan air dan batu?deskripsikan!....................................................................
4.      Maka simpulannya cahaya bersifat…………………………………………………
IV. Tugas Proyek Kelompok
1.      Bentuklah  kelompok, setiap kelompok maksimal lima anggota! kemudian buatlah satu buah alat yang sederhana yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya!
2.      Buatlah laporan dari pembuatan alat tersebut berdasarkan format yang di tentukan oleh gurumu!
V. Referensi (teori)
- Mastugino.blogspot.co.id/2012/11/sifat-sifat-cahaya.html?m=1
- kelas_08_SMP_IPA_Siswa_Semester_2.pdf
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

0 komentar:

Posting Komentar