Lembar Kegiatan Peserta
Didik(LKPD)
Diajukan untuk memenuhi UAs mata kuliah Evaluasi
Pembelajaran Fisika
Dosen
Pengampu :
Ade Yeti s.Pd, M.M.Pd, M. si
Oleh :
Shifa
Syafira Violita
1142070070
JURUSAN
MIPA PRODI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS
TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI
SUNAN
GUNUNG DJATI
BANDUNG
2016
Lembar Kegiatan Peserta Didik
(LKPD)
2x45 menit
Mendeskripsikan Sifat-sifat
Cahaya
Kelompok
:
Nama :
Nama
Partner :
|
Petunjuk Pengerjaan
§ Berdoalah
sebelum mengerjakan LKPD!
§ Isilah
identitas yang terdapat pada kolom di atas!
§ Fahamilah
setiap perintah jalannya kegiatan eksperimen!
§ Sebelum
melakukan eksperimen, perhatikan kelengkapan dan keberfungsian alat darn
bahan yang akan digunakan!
§ Untuk
mempermudah jalannya eksperimen, sebaiknya tugas di bagi-bagi dengan partner
kelompok
§ Setelah
melakukan kegiatan eksperimen dan mendapat data, analisislah bersama partner
kelompok!
§ Buatlah
kesimpulan akhir dan presentasikan di depan kelas untuk di diskusikan bersama
kelompok yang lain!
|
Sifat-sifat Cahaya
|
I.
Fahami
Fisikawan
Gemar Membaca!
Cahaya
mempunyai sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat cahaya banyak manfaatnya bagi
kehidupan. Sifat-sifat cahaya d antaranya:
Cahaya Merambat Lurus
Maksud dari
cahaya dapat merambat lurus yakni cahaya dapat merambat ke semua arah.
Cahaya Dapat Menembus
Benda Bening
Cahaya akan dibiaskan ketika melalui medium dengan
kerapatan yang berbeda.
Kecepatan cahaya akan menurun saat
memasuki air atau medium yang lebih rapat. Semakin besar perubahan kecepatan
cahaya saat melalui dua medium yang berbeda, akan semakin besar pula efek
pembiasan yang terjadi. Namun, pembiasan tidak akan terjadi saat benda
dicelupkan dalam posisi tegak lurus
Bayangan adalah daerah gelap
yang terbentuk akibat cahaya tidak dapat menembus suatu benda. Bayangan
dibedakan menjadi dua, yakni bayangan nyata dan bayangan maya. Bayangan maya
(semu) adalah bayangan yang dapat dilihat mata, tapi tidak dapat ditangkap pada
layar, sedangkan bayangan nyata adalah bayangan yang dapat ditangkap layar.
Berdasarkan dapat atau tidaknya di tembus cahaya, benda-benda
digolongkan menjadi 3:
a. Opaque atau benda tidak tembus cahaya, Adalah benda gelap yang tidak
dapat ditembus oleh cahaya sama sekali. Opaque memantulkan semua cahaya yang
mengenainya. Benda semacam ini contohnya adalah buku, kayu, tembok, dan air
keruh.
b. Benda Bening, yakni benda-benda yang dapat ditembus cahaya. Benda bening juga
sering disebut benda transparant. Benda transparant meneruskan semua cahaya
yang mengenainya. Contohnya kaca yang bening dan air jernih
c. Benda Transluent adalah benda-benda yang dapat meneruskan
sebagian cahaya yang datang dan menyebarkan sebagian cahaya yang lainnya. Contohnya
kain gorden tipis, dan beberapa jenis plastik.
Cahaya dapat dipantulkan
Pemantulan
(refleksi) atau pencerminan adalah proses terpancarnya kembali cahaya dari
permukaan benda yang terkena cahaya. Pemantulan teratur terjadi pada benda yang
permukaannya rata dan mengkilap/licin. Pada benda semacam ini, cahaya
dipantulkan dengan arah yang sejajar, sehingga dapat membentuk bayangan benda
dengan sangat baik. Pada benda yang permukaannya tidak rata, cahaya yang datang
dipantulkan dengan arah yang tidak beraturan. Pemantulan semacam ini disebut
pemantulan baur, atau pemantulan difus.
II. Tes
pengetahuan awal Peserta Didik
Kita amati yuk apa yang terjadi dengan cahaya
pada gambar berikut!
(1)
(2) (3)
Keterangan :
Gambar 1. Berkas cahaya yang terpancar dari dinding bambu
Gambar 2. Berkas cahaya yang dipantukan oleh cermin
Gambar 3. Berkas cahaya yang menembus air dalam gelas bening
Dari gambar-gambar tersebut, bagaimana menurut
hasil pengamatan kalian? coba buat beberapa pertanyaan!
Pertanyaan yang di ajukan peserta didik
Pertanyaan
|
1.
|
2.
|
3.
|
MARI BEREKSPERIMEN!!
i. Bahan
yang digunakan
Bahan
|
lilin
putih
korek
pipa
karton
berlubang
lampu
sorot/senter
cermin
gelas
bening
air
putih
batu
berukuran sedang
|
ii.
Kegiatan yang berlangsung
Tujuan
Melalui percobaan ini, peserta didik diharapkan dapat
mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
·
Percobaan pertama
prosedur Percobaan
§
Siapkan bahan
yang di perlulan! (karton berlubang, pip, lilin,korek)
§
Buat lilin
menyala dan simpan di atas meja dan lihatlah api pada lilin melalui dua lubang
karton, amatilah!
§
apabila satu
lubang digeser menjadi tidak lurus, apa yang mungkin terjadi pada api lilin?
§
Bagaimana jika
kita lihat api pada lilin menggunakan pipa?
·
Percobaan kedua
prosedur
percobaan
§ Siapkan bahan ( lampu
sorot/senter, cermin)
§ Simpanlah cermin datar di
depanmu!
§ Sorotkan cahaya pada lampu
sorot tepat berlawanan arah denganmu, amatilah!
·
Percobaan ketiga
Prosedur
percobaan
§ siapkan bahan(gelas bening,
air, lampu sorot/ senter, batu)
§ isigelas bening dengan air
putih secukupnya (3/4gelas)
§ sorotkan cahaya laser pada
gelas tersebut, lalu amatilah!
§ Siapkan satu buah batu
berukuran agak besar!
§ Sorotkan cahaya lampu pada
batu, lalu amatilah!
Apakah ada perbedaan pada
hasil pengamatan dengan menggunakan air dan batu? Mengapa hal tersebut dapat
terjadi ?
Dari percobaan-percobaan tadi, tulislah hasil
pengamatanmu pada tabel pengamatan di bawah ini !
Tabel Pengamatan
Percobaan
ke-
|
Sifat
cahaya yang di dapat
|
|
|
|
|
|
|
iii.
Mari bernalar dan lakukan komunikasi dengan teman kelompok, teman kelas dan
gurumu!
Dari percobaan tentang mendeskripsikan
sifat-sifat cahaya yang telah di lakukan, dapat diketahui bahwa cahaya memiliki
sifat-sifat seperti....
III.
Penilaian
A.
Penilaian Diri (di isi oleh
peserta didik)
No
|
Aspek
Penilaian
|
Skor
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Saya mampu
mendeskripsikan sifat cahaya yang diamati.
|
|
|
2.
|
Saya mampu
mengajukan pertanyaan terkait sifat-sifat cahaya
|
|
|
3.
|
Saya mampu
menyiapkan bahan.
|
|
|
4.
|
Saya mampu
melakukan jalannya kegiatan percobaan yang di lakukan
|
|
|
5.
|
Saya mampu
mengidentifikasi sifat-sifat cahaya berdasarkan hasil percobaan
|
|
|
6.
|
Saya
mendiskusikan simpulan hasil percobaan bersama partner kelompok.
|
|
|
Jumlah skor = (1-6)
B.
Lembar Observasi (di nilai oleh guru)
No
|
Aspek Penilaian
|
Skor
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Kemampuan mendeskripsikan
sifat cahaya yang diamati.
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan mengajukan
pertanyaan terkait sifat-sifat cahaya
|
|
|
|
3.
|
Kemampuan menyiapkan alat
dan bahan.
|
|
|
|
4.
|
Kemampuan melakukan
jalannya percobaan.
|
|
|
|
5.
|
Kemampuan mengidentifikasi
sifat-sifat cahaya berdasarkan percobaan yang di lakukan
|
|
|
|
6.
|
Kemampuan mendiskusikan simpulan hasil
percobaan bersama teman kelompok.
|
|
|
|
Simpulan:
Kemampuan peserta didik dalam mendeskrispsikan sifat-sifat cahaya
yang di amati, mengajukan pertanyaan, menyiapkan alat dan bahan, melakukan
jalannya percobaan, mengidentifikasi sifat-sifat cahaya berdasarkan percobaan
yang di lakukan termasuk pada kategori………
Evaluasi Pengetahuan Peserta Didik setelah Melakukan Percobaan
·
Pada percobaan pertama
1. saat lubang kedua karton sejajar, maka api
pada lilin………………………………………………………………
pada lilin………………………………………………………………
2. saat kedua lubang
karton tidak sejajar,
maka………………………………………………………....
3. Maka api pada lilin…………………………………………………………………
4. saat api pada lilin dilihat dengan pipa, maka api pada
lilin…………………………………………………………………………….……...
5. Maka simpulanya cahaya
bersifat………………………………………………………………………………...
·
Pada percobaan kedua
1. Saat cahaya pada lampu di
sorotkan pada cermin, maka cahaya……………………………………………………………
2. Maka simpulannya cahaya
bersifat……………………….……..
·
Pada percobaan ketiga
1. Ketika cahaya pada lampu
senter di arahkan pada gelas yang diisi air, maka
cahaya……………………………………………………………..
2. Ketika cahaya pada lampu
senter di arahkan pada batu, maka cahaya……………………………………………………….
3. Adakah perbedaan anatara
hasil pengamatan pada percobaan dengan air dan
batu?deskripsikan!....................................................................
4. Maka simpulannya cahaya
bersifat…………………………………………………
IV.
Tugas Proyek Kelompok
1. Bentuklah kelompok, setiap kelompok maksimal lima
anggota! kemudian buatlah satu buah alat yang sederhana yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya!
2. Buatlah laporan dari
pembuatan alat tersebut berdasarkan format yang di tentukan oleh gurumu!
V.
Referensi (teori)
- Mastugino.blogspot.co.id/2012/11/sifat-sifat-cahaya.html?m=1
- kelas_08_SMP_IPA_Siswa_Semester_2.pdf
0 komentar:
Posting Komentar