Minggu, 26 Februari 2017

PROTA FISIKA SMA/MA KELAS XII K13



TUGAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN FISIKA
Dosen Pengampu : Drs. Yudi Dirgantara M.Pd





Oleh :
Shifa Syafira Violita
1142070070
Pendidikan Fisika IIIB


JURUSAN PENDIDIKAN MIPA PRODI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2015

Distribusi Alokasi Waktu
Tahun Pelajaran 2015/2015

Mata Pelajaran : Fisika
Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas                           : XII
Tahun Pelajaran            : 2015/2016
Semester                       : Ganjil/1
A. Banyaknya Minggu Kalender
No
Bulan
Jumlah Minggu
Keterangan
1
JULI 2015
5

2
AGUSTUS       2015
4

3
SEPTEMBER 2015
5

4
OKTOBER     2015
4

5
NOVEMBER  2015
4

6
DESEMBER   2015
5

Jumlah

27

B. Banyaknya Minggu Tidak Efektif
No
Bulan
Banyaknya Minggu Tidak Efektif
Keterangan
1
JULI                 2015
4
Libur hari raya Idul Fitri
2
AGUSTUS       2015
0

3
SEPTEMBER 2015
0

4
OKTOBER     2015
0

5
NOVEMBER  2015
0

6
DESEMBER   2015
2
Libur semester I
Jumlah

6

C. Banyaknya Minggu Efektif
            Banyaknya Minggu Kalender-Banyaknya Minggu Tidak Efektif
            27-6 = 21 Minggu
D. Banyaknya Jam yang Efektif
            21×4= 84 Jam


Mata Pelajaran             : Fisika
Satuan Pendidikan      : SMA
Kelas                           : XII
Tahun Pelajaran            : 2015/2016
Semester                       : Genap/II
A. Banyaknya Minggu Kalender
No
Bulan
Jumlah Minggu
Keterangan
1
JANUARI            2016
4

2
FEBRUARI         2016
4

3
MARET               2016
5

4
APRIL                  2016
4

5
MEI                      2016
4

6
JUNI                     2016
5

Jumlah

26

B. Banyaknya Minggu Tidak Efektif
No
Bulan
Banyaknya Minggu Tidak Efektif
Keterangan
1
JANUARI           2016
0

2
FEBRUARI        2016
0

3
MARET              2016
0

4
APRIL                2016
0

5
MEI                     2016
0

6
JUNI                    2016
1
Libur akhir tahun pelajaran
Jumlah

1

C. Banyaknya Minggu Efektif
            Banyaknya Minggu Kalender-Banyaknya Minggu Tidak Efektif
            26-1= 25 Minggu
D. Banyaknya Jam yang Efektif
            25  Jam





PROTA
(Program Tahunan)

Kompetensi Inti :
3.  Memahami, menerapkan dan menjelaskan pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian serta penerapan pengetahauan procedural pada bidang kajian yang sfesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari disekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu manggunakan metoda sesuai kaidah kailmuan.

Semeter
No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
I
1
Menganali-sis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan mengguna-kan vektor
Perpaduan gerak antara:
GLBB dan GLB
·         Gerak parabola Gerak melingkar dengan percepatan konstan
12 JP

2
Menganali-sis keteraturan gerak planet dalam tatasurya berdasar-kan hukum-hukum Newton
       Grafitasi antar planet
        Hukum Keppler
Hukum Newton tentang Gravitasi
Gaya gravitasi antar partikel
Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
10 JP

3
Menganali-sis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
Hukum Hooke dan elastisitas

10 JP

4
Menganali-sis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
Gerak getaran

4 JP

5
Menganali-sis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum kekekalan energi mekanik
Usaha dan energi
·         Konsep usaha
·         Hubungan usaha dan energi kinetik
·         Hubungan usaha dengan energi potensial
Hukum kekekalan energi mekanik
12 JP

6
Menerap-kan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganali-sis gerak dalam kehidupan sehari-hari

Hukum kekekalan energi mekanik
Penerapan energi mekanik pada  gerak jatuh bebas
Penerapan energi mekanik pada  gerak di bidang miring
Penerapan energi mekanik pada  gerak planet/ satelit
Penerapan energi mekanik pada  gerak getaran
8 JP

7
Menunjuk-kan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk menyelesai-kan masalah tumbukan

Momentum, impuls, dan tumbukan
4 JP
II
1
Menformula-sikan hubungan antara konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapan-nya dalam masalah benda tegar
Keseimbangan benda tegar dan titik berat
Dinamika rotasi

16 JP

2
     Menganali-sis hukum-hukum yang berhubung-an dengan fluida statick dan dinamik serta penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari

Fluida statik
Fluida dinamik
16 JP
3
Mendeskrip-sikan sifat-sifat gas ideal  monoatomik
Teori kinetik gas
Persamaan umum gas
Tekanan dan energi kinetik ga
16 JP

4
      Menganali-sis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum  termodina-mika

Termodinami-ka
Hukum utama termodinamika
Mesin Carnot
12 JP
Ulangan Harian



26 JP
UAS



4 JP
UTS



4 JP
Remedial




4 JP
Cadangan



28 JP
http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

0 komentar:

Posting Komentar