TUGAS PERENCANAAN
PEMBELAJARAN FISIKA
Dosen Pengampu : Drs. Yudi Dirgantara M.Pd
Oleh :
Shifa Syafira Violita
1142070070
Pendidikan Fisika IIIB
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA
PRODI PENDIDIKAN FISIKA
FAKULTAS TARBIYAH DAN
KEGURUAN
UIN SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2015
Distribusi
Alokasi Waktu
Tahun
Pelajaran 2015/2015
Mata Pelajaran
: Fisika
Satuan Pendidikan
: SMA
Kelas
: XII
Tahun Pelajaran : 2015/2016
Semester
: Ganjil/1
A.
Banyaknya Minggu Kalender
No
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Keterangan
|
1
|
JULI
2015
|
5
|
|
2
|
AGUSTUS 2015
|
4
|
|
3
|
SEPTEMBER
2015
|
5
|
|
4
|
OKTOBER 2015
|
4
|
|
5
|
NOVEMBER 2015
|
4
|
|
6
|
DESEMBER 2015
|
5
|
|
Jumlah
|
27
|
B.
Banyaknya Minggu Tidak Efektif
No
|
Bulan
|
Banyaknya
Minggu Tidak Efektif
|
Keterangan
|
1
|
JULI 2015
|
4
|
Libur
hari raya Idul Fitri
|
2
|
AGUSTUS 2015
|
0
|
|
3
|
SEPTEMBER
2015
|
0
|
|
4
|
OKTOBER 2015
|
0
|
|
5
|
NOVEMBER 2015
|
0
|
|
6
|
DESEMBER 2015
|
2
|
Libur
semester I
|
Jumlah
|
6
|
C.
Banyaknya Minggu Efektif
Banyaknya Minggu
Kalender-Banyaknya Minggu Tidak Efektif
27-6
= 21 Minggu
D.
Banyaknya Jam yang Efektif
21×4= 84 Jam
Mata Pelajaran
: Fisika
Satuan Pendidikan
: SMA
Kelas
: XII
Tahun Pelajaran
:
2015/2016
Semester
: Genap/II
A.
Banyaknya Minggu Kalender
No
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Keterangan
|
1
|
JANUARI 2016
|
4
|
|
2
|
FEBRUARI 2016
|
4
|
|
3
|
MARET 2016
|
5
|
|
4
|
APRIL 2016
|
4
|
|
5
|
MEI 2016
|
4
|
|
6
|
JUNI 2016
|
5
|
|
Jumlah
|
26
|
B.
Banyaknya Minggu Tidak Efektif
No
|
Bulan
|
Banyaknya
Minggu Tidak Efektif
|
Keterangan
|
1
|
JANUARI 2016
|
0
|
|
2
|
FEBRUARI 2016
|
0
|
|
3
|
MARET 2016
|
0
|
|
4
|
APRIL 2016
|
0
|
|
5
|
MEI 2016
|
0
|
|
6
|
JUNI 2016
|
1
|
Libur
akhir tahun pelajaran
|
Jumlah
|
1
|
C.
Banyaknya Minggu Efektif
Banyaknya Minggu
Kalender-Banyaknya Minggu Tidak Efektif
26-1=
25 Minggu
D.
Banyaknya Jam yang Efektif
25
Jam
PROTA
(Program
Tahunan)
Kompetensi
Inti :
3. Memahami, menerapkan dan menjelaskan
pengetahuan factual, konseptual, procedural, dan metakognitif dalam ilmu
pengetahuan teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
serta penerapan pengetahauan procedural pada bidang kajian yang sfesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajari disekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu manggunakan metoda sesuai kaidah kailmuan.
Semeter
|
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
I
|
1
|
Menganali-sis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak
parabola dengan mengguna-kan vektor
|
Perpaduan gerak antara:
GLBB dan GLB
·
Gerak parabola Gerak melingkar dengan percepatan konstan
|
12 JP
|
2
|
Menganali-sis keteraturan gerak planet dalam tatasurya
berdasar-kan hukum-hukum Newton
Grafitasi antar planet
Hukum
Keppler
|
Hukum Newton tentang Gravitasi
Gaya gravitasi antar partikel
Kuat medan gravitasi dan percepatan gravitasi
|
10 JP
|
|
3
|
Menganali-sis pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan
|
Hukum Hooke
dan elastisitas
|
10 JP
|
|
4
|
Menganali-sis hubungan antara gaya dengan gerak getaran
|
Gerak getaran
|
4 JP
|
|
5
|
Menganali-sis hubungan antara usaha, perubahan energi
dengan hukum kekekalan energi mekanik
|
Usaha dan
energi
·
Konsep usaha
·
Hubungan usaha dan energi kinetik
·
Hubungan usaha dengan energi potensial
Hukum kekekalan energi mekanik
|
12
JP
|
|
6
|
Menerap-kan hukum kekekalan energi mekanik untuk menganali-sis gerak
dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum
kekekalan energi mekanik
Penerapan
energi mekanik pada gerak jatuh bebas
Penerapan energi
mekanik pada gerak di bidang miring
Penerapan
energi mekanik pada gerak planet/
satelit
Penerapan energi mekanik pada
gerak getaran
|
8 JP
|
|
7
|
Menunjuk-kan hubungan antara konsep impuls dan momentum untuk
menyelesai-kan masalah tumbukan
|
Momentum, impuls, dan tumbukan
|
4 JP
|
|
II
|
1
|
Menformula-sikan hubungan antara konsep torsi, momentum
sudut, dan momen inersia, berdasarkan hukum II Newton serta penerapan-nya
dalam masalah benda tegar
|
Keseimbangan
benda tegar dan titik berat
Dinamika rotasi
|
16 JP
|
2
|
Menganali-sis hukum-hukum
yang berhubung-an dengan fluida statick dan dinamik serta penerapan-nya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Fluida
statik
Fluida dinamik
|
16 JP
|
|
3
|
Mendeskrip-sikan sifat-sifat gas ideal monoatomik
|
Teori kinetik gas
Persamaan umum gas
Tekanan dan energi kinetik ga
|
16 JP
|
|
4
|
Menganali-sis
perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodina-mika
|
Termodinami-ka
Hukum utama termodinamika
Mesin Carnot
|
12 JP
|
|
Ulangan
Harian
|
26 JP
|
|||
UAS
|
4 JP
|
|||
UTS
|
4 JP
|
|||
Remedial
|
4 JP
|
|||
Cadangan
|
28 JP
|
0 komentar:
Posting Komentar